Gua Widodaren

Gua widodaren juga sayang bila di lewatkan keindahannya. Sumber air dari Gua Widodaren selain di konsumsi oleh masyarakat Tengger juga di gunakan untuk upacara keagamaan bagi umat hindu (Mendak Tirta). Terdapat dua Gua yang begitu cantik di Gunung Widodaren, Gua Lanang (Gua Pria) dan Gua Wedok (Gua Wanita) begitu masyarakat Tengger menyebutnya.

Di Gua Lanang bisa kita temui pancuran (Gerajakan) air jernih yang begitu alami dan segar. Dengan ditumbuhi tumbuhan-tumbuhan kecil di sekitarnya membuat tempat tersebut terasa sangat sejuk walau dengan terik matahari yang panas dan menyengat.
 
Gua wedok juga memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung kawasan ini, selain tempatnya yang sejuk pemandangan dari atas gunung tersebut yang begitu menakjubkan.
 
Gua ini tidak jauh dari kawah Gunung Bromo. Namun, kondisi medan yang sulit membuat gua ini tidak bisa dilalui dengan kendaraan apapun. Bagi Pengunjung yang menggunakan kendaraan jeep hanya bias sampai di kaki Gunung Widodaren tersebut. Walau begitu, Gua Widodaren sangat cocok menjadi objek penjelajahan para penyuka wisata petualangan.
 
Untuk bisa sampai ke Gua Widodaren, Anda harus berjalan kaki selama 50 menit. Bagi yang sudah handal mendaki atau menuruni gunung, mungkin trek ini terbilang mudah. Akan tetapi, bagi Anda yang masih pemula, perjalanan ini bisa saja menjadi sangat melelahkan.
 
Perjalanan menuju mulut gua akan terbayar ketika Anda sampai di sana. Pemandangan yang indah sangat berbeda ketika Anda saksikan dari puncak Gunung Bromo. Tempat ini sebenarnya tidak terlihat seperti gua pada biasanya. Akan tetapi, masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama gua.
 
Gua ini dijadikan sebagai lokasi pemujaan masyarakat Hindu Tengger. Di bibir gua, terdapat mata air yang mengalir cukup deras. Air tersebut dipercaya oleh masyarakat Tengger sebagai air suci yang mampu menghasilkan panen yang melimpah. Selain itu, patung yang sering digunakan sebagai pemujaan umat Hindu juga berdiri kokoh di sini.
 
Selain mata air, bibir gua juga menarik karena pemandangannya. Gunung Bromo terlihat berbeda dari posisi ini.